Cara Paling Benar untuk Mengepel Lantai

6 Cara Paling Benar untuk Mengepel Lantai!

Apakah Anda mencari cara yang tepat untuk mengepel lantai Anda? Apakah Anda memiliki ubin, kayu, atau jenis bahan lantai lainnya, penting untuk memilih metode dan produk pembersih yang benar untuk mendapatkan pembersihan yang menyeluruh. Panduan ini akan membantu Anda memahami dasar-dasar mengepel dan menunjukkan kepada Anda bagaimana menjaga lantai rumah tetap terlihat bersih, yuk simak artikelnya berikut ini.

6 Tips Mengepel Lantai dengan Benar

Sapu Lantai Sebelum Mengepel

Sebelum Anda mulai mengepel lantai, penting untuk menyapu atau menyedot debu terlebih dahulu. Langkah ini akan menghilangkan kotoran dan puing-puing yang mungkin tersangkut di kain pel Anda dan membuatnya lebih sulit dibersihkan. Mulailah dengan menyingkirkan perabotan atau barang lain dari lantai, kemudian gunakan sapu atau penyedot debu untuk mengambil kotoran, debu, dan kotoran dari permukaan. Hal ini akan memastikan bahwa kain pel Anda dapat membersihkan lantai secara menyeluruh tanpa hambatan apa pun. Setelah Anda selesai menyapu, Anda siap untuk mulai mengepel!

Sesuaikan Jenis Kain Pel

Setelah Anda menyapu lantai hingga bersih, penting untuk memilih jenis pel yang tepat untuk pembersihan yang optimal. Pel microfiber sering kali paling cocok untuk lantai kayu, sementara sapu dorong dan pel spons lebih baik untuk ubin dan permukaan lainnya. Selain itu, ada pel khusus yang dapat digunakan pada laminasi dan vinil lantai. Penting juga untuk memilih alat pel yang tidak mudah lepas dari gagangnya, karena hal ini bisa menyulitkan selama pembersihan. Saat ini, ada banyak variasi alat pel yang dilengkapi dengan alat peras atau mekanisme pemerasan yang mudah digunakan, sehingga lebih mudah dan tidak memakan waktu lama untuk memeras kain pel. Ketika memilih kain pel dengan sumbu, pastikan untuk menghindari mencubit atau menariknya karena hal ini dapat menyebabkan sumbu terlepas dari pegangannya

Jangan Salah Pilih Jenis Karbol Untuk Mengepel Lantai

Hal yang paling penting saat mengepel adalah memilih produk pembersih yang tepat. Pilihlah larutan karbol, karena jenis pembersih ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu membunuh kuman dan bakteri. Produk ini juga meninggalkan aroma segar pada lantai Anda. Saat menggunakan pembersih jenis ini, pastikan untuk membaca petunjuknya dengan cermat dan ikuti rasio pengenceran yang disarankan. Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam campuran untuk menambah aroma dan manfaat relaksasi.

Baca Juga : Apa manfaat dari rumah yang bersih? Ternyata Bisa Bikin Mood Jadi Lebih Baik

Siapkan Ember sebagai Tempat untuk Menampung Air

Sebelum Anda mulai mengepel, siapkan ember dengan air hangat dan deterjen atau produk pembersih yang direkomendasikan untuk jenis lantai Anda. Celupkan kain pel Anda ke dalam larutan, lalu peras hingga hampir tidak ada cairan yang menetes. Setelah itu, Anda siap untuk mulai mengepel!

Mengepel Lantai dengan Pola Teratur

Saat mengepel lantai, penting untuk mengepel dengan pola yang teratur. Mulailah dengan mencelupkan kain pel ke dalam ember larutan pembersih dan peras kelebihan air sebelum mengoleskan pembersih ke lantai. Kemudian, kerjakan dalam bagian-bagian kecil dalam pola yang teratur. Saat Anda bergerak di sekitar ruangan, pastikan untuk sedikit tumpang tindih dengan yang sebelumnya untuk pembersihan yang lebih menyeluruh. Selain itu, pastikan untuk membilas kain pel Anda sesering mungkin selama proses berlangsung untuk memastikan partikel kotoran dikeluarkan dari larutan pembersih. Setelah Anda selesai mengepel, biarkan lantai Anda benar-benar kering sebelum berjalan di atasnya.

Ganti Air Pel Secara Berkala

Selain menggunakan teknik mengepel yang tepat, penting untuk mengganti air pel secara teratur. Melakukan hal itu mencegah kotoran dan kotoran menyebar saat membersihkan, serta mengurangi pertumbuhan bakteri atau jamur dalam genangan air pel. Pastikan untuk membuang air pel yang kotor di luar dan cuci kain pel Anda setelah digunakan.

Setelah mengepel, penting untuk membilas dan mengeringkan lantai secara menyeluruh. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan wet-dry vac atau kain mikrofiber, tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda memilih wet-dry vac, pastikan semua kelebihan air sepenuhnya dihilangkan dari lantai.

Kesimpulan

Mempertahankan lantai yang bersih dan tanpa noda merupakan bagian penting dari pemeliharaan rumah. Dengan teknik pembersihan yang tepat, Anda dapat menikmati lantai yang indah yang pasti akan memberikan kesan yang baik bagi keluarga dan tamu Anda. Dengan menggunakan produk pembersih yang benar, jenis pel, teknik mengepel, dan mengingat untuk mengganti air pel secara teratur serta membilas dan mengeringkan lantai setelahnya, Anda dapat menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi orang yang Anda cintai. Jadi, jangan lupakan langkah-langkah ini dalam hal mengepel dengan baik dan benar!

Saatnya untuk membersihkan – selamat mengepel!

Leave a Reply

Kode Promo

NEWUSER

Kode Promo

DESEMBERSIH22